Assalamu'alaikum

pink purple flowers

Jumat, 30 Desember 2011

All About Chocolate

This is topic that I choose for my paper on YPIA final exam

How Can Chocolate Affect Our Brain ?


Before decided about this, I choose about reforestation. But my friend said that it is too standard and give me another choice, about chocolate. After I think and find some references, I make this title. How can chocolate affect our brain?

coincides with that, my friend turned to me with some of chocolates and inquired if indeed it was true that chocolate makes a person happy. "It has something to do with endorphins in the brain, right?" she asked me. Intrigued, I got to thinking and decided to find out more about chocolate.

Chocolate is a sweet food (sometimes little bit bitter) which produced from the fruit of the tropical tree, called Theobroma cacao. It is processed by some different processes, and also some additional ingredients which is added to make various types of chocolate. Such as white chocolate, dark chocolate, milk chocolate and other flavours. 

Nowadays, chocolate is not a bitter beverage anymore. But it becomes popular because of its processed, flavours, delicious, and addictive taste.

Therefore, not surprising if some persons assume that chocolate is special gift to someone because it is a symbol of love too. Not only that, they give chocolate to people who are sick, to give a birthday greeting, to gift for gift exchange and also as medicine to treat stomach problems, fatigue, reducing fever and many other diseases.

Because of its uniqueness, many people make more creation from chocolate. 
Look this pict which I get them from another blog >>

 
penknife
<just from the cover. But look inside, it is a choco>

Toothpaste
<wow! it's so suprising. However, we know that choco can damage our teeth, right?>

Shoes
<becarefull with this shoes. I think to eat them before the shoes are melt. It's a delicious shoes. haha>

Okay, it's enough.

Actually, I don’t really like to eat sweet food like chocolate. But, when someone give me a chocolate bar (not a cake with cream chocolate), I will eat it with pleasure unless there are other options so that made me choose other than chocolate, for example: the salty one, a cheese... hmm yummy :))


Rabu, 28 Desember 2011

Lagi - lagi 11 #post tag 2

Well, ada apa dengan angka 11 ya?
kalau kata @winazhonniwa, angka 11 itu memilki arti "yang utama dari yang pertama" alias best of the best atau nomer satu dari yang nomer satu dengan kata lain juara paralel atau disebut... #plak! oke,cukup. :))

tapi.. ngomong-ngomong soal angka 11..
tadi pagi aku mendapat sebuah kiriman dari Adina. yakni sebuah permainan post tag, dengan tugas menyebutkan 11 identitas diri, menjawab 11 petanyaan, dan membuat 11 pertanyaan baru untuk 11 blogger lain.

oke, sebelum kita mulai mengerjakan mari kita buka terlebih dulu yaa..

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wash-sholatu wassalaamu 'ala ashrofil ambiyaa'i wal mursalin, wabihi nasta'in 'ala ummuddunyaa waddiin, wa 'alaa alihi wa ash-haabihi ajma'in. *lho, emang mau ngapain?*

oke, to the poin aja ya. sebenernya itu tadi mau mengulur waktu karna aku nggak tau mau nulis 11 itu dari mana -__-

Pertama : 11 about my self

  1. Jilbaber yang bernama wina dengan nama lengkap (pena) Wina Zhonniwa.
  2. Lahir di Mojokerto, Jawa Timur 16 tahun yang lalu. Dan sekarang sekolah di SMA Negeri 2 Surabaya, kelas XI IPA.
  3. Kalau soal kepribadian, aku sendiri kurang memahami diriku kecuali gadis yang ekstrovert dan sanguinis-koleris ._. soalnya terlalu sering melakukan hal-hal yang berlawanan. it's so complicated.
  4. Tapi kata orang aku cheerful, semangat, dan murah senyum (haha. biarpun memper2 "nggak beres"), suka cerita dan bicara (kalau sudah terlanjur) dan guyonannya geje -__-
  5. Seorang pink holic dan suka hal-hal yang kata orang "ke-cewek-an" kayak bunga-bunga, accessories dan sesuatu yang unyu :3
  6. Bukan jilbaber yang feminim meskipun nggak punya satu pun jeans atau semacamnya selain rok-rok yang lebar. 
  7. Tingkahnya banyak dan anti berdiam diri. Andalannya adalah balapan lari.
  8. Anaknya keras (termasuk agak keras kepala). So, jangan berani macem-macem atau wush... >_< Tapi penyayang dan agak sensitif (kalau bisa dibilang cengeng). Luarnya memang keras, tapi dalamnya "hati-hati" saja.
  9. Seorang pecinta alam, sangat suka kalau di ajak camp atau hiking. Traveling dan Gowes adalah favoritnya (gowes pakai rok? anything is possible, right?)
  10. Hobi : nggak ada yang terlalu spesifik, kecuali diving di dunia maya. Suka berkebun dan bercita2 punya hutan suatu saat nanti, membaca apa pun, menggambar, membuat kerajinan, mengoleksi barang-barang pemberian teman, menulis, dan masih banyak lagi.
  11. Kalau bisa kenal Wina luar-dalam adalah sesuatu bangeet :3

Alhamdulillah.. satu tugas sudah kelar =)

Yang kedua : menjawab 11 pertanyaan dari Adina.

1.       Apa arti bahagia menurutmu?
Bahagia itu saat kita bisa mensyukuri apa pun yang kita miliki saat ini, saat kita mengingat betapa bahagianya menjadi diri kita sendiri, dan berbagi apa yang kita miliki dengan orang-orang di sekitar kita. Karena aku tahu, nggak ada yang sempurna di dunia ini dan Allah maha adil atas setiap kejadian.
2.       Pernahkah mengeluh dengan kehidupanmu?
Tentu aja pernah. Kadang kalau lagi futur aku jadi sering membandingkan dengan orang lain. Tapi itu bisa berangsur hilang waktu aku mengingat jawaban nomer 1. 
3.       Adakah tujuan hidupmu yang belum tercapai? kalau belum, apa? kalau sudah, apa?
Ada. Belum bisa membanggakan orang tua dengan prestasi-prestasi yang aku capai :(
4.       Siapa orang yang paling berarti di hidupmu selain orang tau dan keluarga?
Sahabat, dan semua orang yang pernah hidup dalam lingkaranku. Mungkin tanpa kalian dan dunia kalian, aku nggak akan terbentuk menjadi seperti ini. untuk semua yang baik2, thank you so much.
5.       Percayakah kamu pada kebetulan? apa alasannya?
Aku bilang nggak percaya, tapi sering dalam hati mengatakan "pasti cuma kebetulan". Banyak hal tidak dapat di pahami dan di nalar oleh otak kita, entahlah.
6.       Apakah kamu merasa multitalented? apa buktinya?
Mungkin :)) karena anything is possible. buktinya ya? mm... aku senang bisa melakukan banyak hal, tapi karna nggak spesifik aku nggak bener2 ahli pada satu bidang pun.
7.       Apa kekurangan dan kelebihanmu?
Kelebihan... cheerful, dan punya anggota badan alhamulillah lengkap :)) haha
Kelemahan... wah, buanyak poll kalo ini. Pelupa, ceroboh, kurang disiplin terhadap waktu, cengeng, dan...  yang lain, tebak sendiri lah ._.
8.       Percayakah kamu pada pepatah "witing tresno jalaran soko kulino"?
Yep yep.. kecuali kamu memang sudah sangat menutup hatimu untuk membiarkan hal tersebut masuk dalam hidupmu. Misal kamu nggak suka suatu pekerjaan, tapi menjalaninya dengan hati yang tulus.. pasti nggak lama kamu jadi cinta dan dengan senang hati melakukannya. 
9.       Quote favoritmu apa? apa makna quote tersebut?

jika kau merasa besar, periksa hatimu. Mungkin ia sedang bengkak. 
Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani. 
Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu. Mungkin ia sedang melayang kehilangan pijakan. 
Jika kau merasa wangi, periksa ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus di bakar riya
(Salim A. Fillah) 
Makna-nya : kita janganlah sampai di buat tinggi hati. Karena sesungguhnya kita sangat lemah dan tak dapat melakukan apapun tanpa bantuan. kata2 ini membuatku selalu berusaha meng-introspeksi diri.
10.     Apa tujuanmu membuat blog?
Untuk melatih dan membiasakan menulis. Dulu ada keinginan bisa nulis karangan kayak novel gitu.
11.     Harapanmu sama blog yang kamu punya apa?
Kalau ada yang baik-baik, semoga bisa di ambil pelajaran dan bermanfaat buat orang lain :)

Okee.. tugas ke dua juga sudah rembes. eh, beres =D


Dan sekarang...
yang ke tiga : membuat 11 pertanyaan untuk blogger lain
di jawab yaa.. 
  1. Apa yang kamu lakukan saat kesedihan mendalam menghampirimu?
  2. Bagaimana kamu membuat dirimu kembali tertawa dan membuatnya seakan tak ada masalah?
  3. Apa yang membuatmu paling bahagia?
  4. Apa kamu punya tempat favorit untuk dikunjungi? Seperti apa itu? dan mengapa?
  5. Kalau tempat favorit di dunia maya, dimana?
  6. Siapa idolamu? kenapa?
  7. Apa yang kamu inginkan di ulang tahun ke 17 nanti?
  8. Perubahan apa yang sudah kamu rencanakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik?
  9. Bagaimana masa depan yang kamu impikan?
  10. Lagu apa yang jadi favoritmu karena maknanya sesuai benget dengan kamu?
  11. Karena aku ingin jadi arsitek, kira2 rumah seperti apa sih yang kamu impikan?

Soal-soal itu aku kirimkan untuk kesebelas sohiblogger, yakni...

Sabtu, 24 Desember 2011

Ibu - Novi Sakha

Happy Mother's Day...!!

Sebening tetesan embun pagi
Secerah sinarnya mentari
Bila ku tatap wajahmu Ibu
Ada kehangatan di dalam hatiku

Air wudhu selalu membasahimu
Ayat suci slalu dikumandangkan
Suara lembut penuh keluh dan kesah
Berdoa untuk putra-putrinya

Oh ibuku..
engkaulah wanita 
Yang ku cinta selama hidupku
Maafkan anakmu bila ada salah
Pengorbananmu tanpa balas jasa

Ya Allah ampuni dosanya
Sayangilah seperti menyayangiku
Brilah ia kebahahagiaan
Di dunia juga di akhirat

Ingin dengar lagunya....???

Senin, 19 Desember 2011

Truth or dare


Bola hijau plastik melambung tinggi
menebar kekalutan dalam detak-detak yang berkejaran
menampis udara penuh harap
seakan memungkinkan tuk berubah haluan

hap!
Bola hijau plastik melambung tinggi 
dewi fortuna berdiri disisi
tangkupan tepat nan akurat
berharap banyak dengan debaran kencang
hingga angin-angin meniupnya ke dunia

TRUTH or DARE?

petuah mematikan terungkap
menyingkap kekalutan dalam derai tawa
satu lagi telah ada
korban dari tirai yang tersingkap

satu kata yang mungkin tanpa makna
satu kalimat tak menjadikan berkesinambung
kecuali memilih 
meski rona-rona semu tersenyum lembut

Senin, 12 Desember 2011

Hitam Putih


SMA adalah masa-masa yang paling menentukan bagaimana masa depan kita.

Di usia ini, remaja juga berada pada fase paling labil, dimana godaan pergaulan yang bebas diperdagangkan dengan leluasa dan gamblang. Selain itu, masa SMA selalu dikatakan sebagai masa sekolah yang paling nggak bisa dilupakan dan kesannya paling mendalam. Karena teman-teman akan menemukan hal-hal baru seliar dunia luar, sekejam samudera kehidupan, dan sehitam putih cat tembok.

Pupuk cita-cita mu se-Dini mungkin yang kamu bisa...
Nanti kuliah dimana dan ingin berprofesi apa?

Jangan sampai terbuai dengan kenakalan dunia SMA ya, malah di SMA ini semua kenakalan dari SMP atau sebelum2nya mulai cobalah untuk menghapusnya. Tobat deh... xD *haha.. tersindir sendiri*


Pada masa itu, kelas 7 SMP. Aku sudah bertekad untuk masuk SMAN 5 yang desas-desusnya sebagai the best school gitu *ups. Semua perjuangan mencoba ku kerahkan. Sampai suatu hari, beberapa pihak keluarga justru memintaku untuk masuk SMAN 1 yang masih dalam satu kompleks SMAN 5 tapi nggak RSBI. Jelas aku nggak mau. Terus jadilah aku malas *ngambek ceritaya* dan nilai UNAS drop serendah-rendah nya bisa ikut tes RSBI.. 35,... (lupa)
Tapi ternyata ini diluar dugaan, karena orang tuaku yang sedikit bingung dan putus asa akhirnya bilang "ya sudah, sekarang terserah kamu mau masuk mana. Paling ya SMAN 17! atau kalau mau ikut tes RSBI, ya nggak apa kalau bisa. Belajar sendiri, nggak usah les-les'an".
Aku pun memutar haluan 180 derajat dan belajar deangan ritme tercepat dan ter rajin yang pernah ku rasakan sampai sekarang. Tiada hari tanpa buku. Ke kantin, nonton TV, dan semua hal aku membawa bermacam-macam buku. Aku juga jadi rajin banget ke perpustakaan daerah Jawa Timur untuk nyari refrensi.
Dan, lagi-lagi di luar dugaan. Aku sedih bercampur senang, karena NGAK MASUK SMALA, dan NGGAK MASUK SMASA! tapi.... aku masuk SMADA!

Hari awal, bulan awal, sampai semester awal aku setiap hari memandang SMALA dari puncak masjid, kadang lantai 3 kadang di lantai 4 :(  Tapi sekarang aku menyadari... Sekolah ini kereeen banget. Mewah nya TOP BGT. Anak friendly", cerdas", tapi gaya artis nggak pernah ketinggalan.
SMA Negeri 2 Surabaya, is THE BEST ever after b^^d
Memperjelas yang kelabu dan hita putih menjadi berwarna indah, memberi satu lagi ulasan warna dalam pelangiku. 

Minggu, 11 Desember 2011

Rapuh


Detik waktu terus berjalan
berhias gelap dan terang, suka dan duka, tangis dan tawa,
tergores abstrak bagai lukisan

Seribu mimpi berjuta sepi hadir bagai teman sejati
Diantara lelahnya jiwa
Dalam resah dan air mata
kupersembahkan kepada-Mu yang terindah dalam hidupku

Meski ku rapuh dalam langkah
kadang tak setia dan berpaling dari Mu,
Namun ku yakin tiadalah lain..
Cinta dan Jiwa yang tertunduk tulus hanya pada yang satu.

Maafkanlah bila hati tak sempurna mencintai-Mu
Dalam dadaku berharap hanya diri-Mu..
Yaa Allahu Rabbal 'Alamin...

Kamis, 08 Desember 2011

Ceroboh -___-

Alhamdulillah,, UAS udah selesai. Sekarang aku bisa santai dan kembali membaca novel. Kecuali nilai yang selalu menghantui....

Dari sekian pelajaran yang nilainya sudah keluar aku remidi 4. owh, how bad I'm !!
- BINDO : kalo ini sudah rela deh, soalnya yang bikin aku heran adalah selama di SMA ini, belum sekalipun aku lolos ulangan bahasa Indonesia. Entah pemikiran yang bagaimana membuat lubang kunci selalu bergeser dengan tidak tepat... *wah, bukan orang Indonesia kali ya*
- PENJASKES : oke, aku memang bukan atlit kan? hehe.. Ulangan ini kita satu sekolah tahu, untuk lolos remidi, kita harus mendustai hati nurani. xD haha. karena di latihan soal yang jumlahnya entah 600 berapa itu saling simpang siur.
- BJEP : alias bahasa Jepang. Ini suatu kebodohan. MasyaAllah sekali yah. Aku dapet kode soal B, tapi yang ku arsir adalah kode soal A. Bisa kebayang bukan? nilaiku CUMA dan HANYA 20. Nilai terendah satu angkatan yang rata-rata diatas 90 semua -__- #sempat shock bukan main. Semoga besok sensei nya ada dan semoga ini bisa di revisi dengan kunci yang sesuai. Aamiin.. *ayoo di amini jugaa.. hehe*
- BIO : Kalo iniii..... aku nggak tau kenapa. Tapi kaget banget waktu tau biologi malah remidi. Tak inget-inget, aku bisa kok ngerjakannya. ah, sudahlah. Banyak hal bisa saja terjadi kalau Allah berkenan, dan itulah yang terjadi untukku :)

Mudah-mudahan nilai-nilai yang menyusul keluar nggak ada lagi yang remidi. 4 Itu sangat lebih dari cukup ._.


pic source: facebook TC Power Ranger


Ini jadi pelajaran berharga yang paling dan sangat menempel di kepala dan semua gerakku. #tiap hari jadi korban bullying sih. "kebacut win, kebacut ngerti nggak? haha" (--") pokoknya periksa dulu semua data yang ada di LJK-mu ya teman, sebelum di kumpulin. Biar nggak keterlanjuran seperti ku -__-

Rabu, 07 Desember 2011

Foto LDKS 3 @AAL Bumi Moro



Saat akan apel pembukaan, baru turun dari bis


Setelah senam pagi, akan latian PBB.
Karena benar-benar di tepi laut, ini baru sekitar jam 6an, tapi panasnya kayak jam 9 lho.


Sesi ini hanya latihan beberapa gerakan yang biasanya rumit. kayak haluan kanan-kiri, hormat kanan-kiri, Lintang kanan-kiri, dkk. 


Tanding periksa kerapian antara tim cowok dengan tim cewek. Dan dalam satu tim setiap banjar harus dengan urut saling menyusul satu langkah dari sebelahnya. Jadi waktu selesai, yang terdengar cuma sebelas, sebelas, sebelas, sebelas, sampai banjar terakhir.


My team : Batu, yang solid dan setegar karang di laut.
yel-yel : Lagu topi saya bundar. Batuuu... Anntthemmm!!! *gaya nonjok ngayun*


Mengenal diri dan kepribadian.
@winazhonniwa : Sanguinis dan Koleris
kalo sanguinis stress, dia bisa jadi berkepribadian badut. Karena dalam hati lagi buruk moodnya, si sanguinis ini jadi suka nyolot dengan guyonan2 yang meskipun lucu sering nylekit *orang jarang ada yang nyadar kalo dia lagi jengkel*. Paling komentarnya: wuiih, sakiiit.. sakiit. mak jleb pek. (pake lagak shock). Saking stressnya, sampai kelakuannya nggak jelas. *kalo ini orang selalu bilang : kamu ngapaaiiinnn???????.
Kalo koleris... kurang tau sih. tapi di kertas yang di beri ke kita menjelaskan kalo orang ini memendam amarah. 
 Dan *e'ehm* katanya bapak fasilitator AL-nya, orang yang perpaduan sanguinis sama koleris itu bagus, dia bisa menempatkan kapan saat bercanda, dan saat serius. Sanguinis yang slengek'an, bisa di netralisir sama kolerisnya yang suka mengatur. Cuman jadinya ntar kayak aku deh kalo lagi stress. Cerita atau ngeluh keteman bukan dengan tampang sedih, tapi sambil ketawa dan jingkrak jingkrak "ya'apa niiih? ya Allah, kok bisa seeh? kok bisa gitu lho. itu kan kebodohan! haduuuh, aku jadi koleng kan." dengan cengengesan, padahal kepalaku mau pecah nyut nyutan << *ah, aku juga bingung*. 


Team : Dewa Richi
Yel-yel : *kalo nggak salah* lagunya dragin ball.
itu gambar mereka lagi joget waktu main game sama para TNI.


Viva Smada!!! Viva Smada!!! Viva Smada!!!
Sayangnya para pelatih kita nggak ada semua saat penutupan. hehe *mau pamer*. Yang melatih kita dari awal sampai akhir itu bukan sekedar tentara, tapi kolonel, jendral sama pimpinannya (apa ya namanya) : /


***********

~ Di balik Layar ~

***********


Di jalan ke arah masjid. Beserta seorang TNI entah siapa xD 


My Head master talking-talking with a fasilitator.


Sekelompok mahasiswa tentara (hehe)
disana, jalan-jalannya ada markanya. Ada area langkah tegap juga. dan yang di foto adalah area bebas. tapi bebas disini ada dua pilihan, 1.Maju jalan dengan di iringi lagu mars, atau 2.Lari kecil sepanjang jalan tanpa nyanyi.


Mantan osis, alias senior kita. Sayangnya yang ikut cuma tiga ini karena ya cuma mereka yang bisa mendampingi kita. yang lain pasti sibuk (kan sudah kelas 3 )


Di belakang itu lah kita tidur. Semua gedung di sana punya nama, yaitu para pejuang AL.
Subhanallah, gedung Wiratno ini sudah lama banget nggak di tempatin. Jadi, setiap masuk ruangan kita di minta untuk selalu mengucap salam terlebih dahulu. Setiap kamar fasilitasnya sebenarnya sama, tapi jadi beda. Kita bingung sholat dimana, karna letak masjidnya entah berapa puluh meter dari situ, jadi kita sholat diatas tempat tidur. #huah, nggak khusyuk soalnya genjot2.
Kita nyapu kamar, bersih-bersih, dan lantai kamarku sampai di lap pakai tisu. Waktu tidur malam adalah saat paling nggak nyaman. Cendela nggak ada kordennya, kacanya pecah-pecah yang di tutup kertas semen yang sobek-sobek pula. Ada 4 tidur yang masing-masing berada di setiap sudut kamar yang lumayan luas itu. dan di tengah kamar ada dinding penyekat besar yang sudut seberangnya sampai nggak terlihat (membagi kamar jadi2). Temanku, ada yang kasurnya di turunin ketengah kamar karna yang dekat jendela nggak bisa tidur. Ada pula yang satu kasur jadi berdua. Beruntungnya, hanya kamarku yang posisi ranjangnya memang bersisian, dan sudut kamar adalah tempat lemari baju. Jam berapa malam, tiba-tiba kamar yang ada di seberang deret kamarku mati, air pun mati. akhirnya semua ngumpul di kamarku. Dan paginya, anak-anaknya pada rebutan kamar mandi. Ada yang airnya mati, dan ada yang katanya semalam sudah diisi, tapi pagi ini baknya kosong melompong. Huaaa.. nggak nyaman poll.

Kamis, 01 Desember 2011

Siluet memesona



Teringat satu hari yang lalu...
Siluet memesona.
Saat semuanya menjadi terang, segalanya menjadi ringan.
Tanpa kata, tanpa suara, hanya sekedar sorotan cahaya.

Kala senja semakin gelap, duniaku menjadi kelabu.
Tak seorang pun memedulikanku, kecuali lukisan-lukisan kaca itu.
Ku simpan suara, hanya langkah dalam diam di samping para seniman dengan cat kayu dan thinner.

Deg.
kau berlalu dengan tangan ternoda, bukan hal biasa.
Sungguh, dalam sirat yang kusembunyikan itu ada siluet memesona.
Bukan biasa, bukan biasa, itu sangat tidak lah biasa.

Ku berpaling ke rumah Sang Maha Kuasa.
Hanya tak ingin ku nodai lagi.

"Winaa.. peluk akuu.." ku dengar Dissa berteriak seraya merentangkan tangannya.
Satu alisku tertarik ke atas. Heran.
Hanya dengan senyuman, pun ku balas ia.
Aku tau!
Tanpa kata, tanpa suara, hanya sekedar sorotan cahaya.
Aku tersipu.

Kau.

Kau?
Detak jantungku serasa melambat.

Khumaira' menampakkan wajahnya, seraya tertawa untuk menyembunyikannya.
Memendam dalam, mengubur siluet memesona.
Tidak, nyaris tak sanggup kecuali secuil.

Hanya siluet memesona :')

Demi setapak print foot

Duri-duri di jalan selalu saja bertebaran tiada habisnya. Menginjaknya adalah suatu kesalahan yang lebih disayangkan. Tapi berterima kasihlah banyak2 kepada mereka yang menyapu jalanan, menyelamatkan dengan solusi tanpa banyak cakap :' *your fellow*

Beloved akhi wa ukhti