Assalamu'alaikum

pink purple flowers

Rabu, 21 Maret 2012

Tomcat mewabah di Surabaya :O

  
 

Sudah pernah mendengar tentang tomcat?

Akhir-akhir ini di Surabaya mulai mewabah hewan ini. Orang-orang di sekitarku juga mulai banyak yang sudah menjadi korbannya. Jadi kalau ada yang melihat binatang kayak gambar di atas, itulah yang namanya tomcat.

Ada beberapa anjuran yang mulai beberapa hari lalu semakin bertubi-tubi di sebarkan oleh teman-teman untuk saling memperingatkan agar waspada via SMS. Untuk yang belum tahu, tomcat itu seperti perpaduan antara semut dan kalajengking, Warnanya belang-belang merah hitam (lihat gambar) dan punya semacam sungut yang bisa berdiri seperti kalajengking, juga bisa loncat-loncat. Sekilas terlihat seperti semut karena ukuran tubuh tomcat dewasa sekitar 7-10 mm dan bersayap (biasanya disembunyikan). Suka cahaya dan tempat yang sejuk (termasuk ruangan ber-AC)

Memang isu dan hebohnya binatang ini sedang rame di bicarakan di kalangan media maupun di kehidupan nyata, khususnya baru2 ini di surabaya. Tapi setelah mencari tahu lebih lanjut tentang tomcat, ternyata nggak seseram itu kok. Tomcat bukan monster kok :)) 

Kalau ada yang terlanjur terkena tomcat, segera cuci dengan air dan sabun hingga bersih. Dan oleskan : 

  • Salep Hydrocortisone 1%
  • atau Salep Betametasone + antibiotik neomycin sulfat (3x sehari)
  • arau Salep acyclovir 5%
  • (untuk langkah penanganan yang lebih tepatnya langsung ke dokter kulit yaa)
Kalau sedikit saja bersentuhan dengan kulit segera jatuhkan dan jauhkan dari tubuh, jangan disentuh atau di pegang tangan karena tangan yang bersentuhan dapat langsung kena bisanya,  jangan di pukul karna darah atau cairan tubuhnya yang keluar juga akan menyebabkan radang pada kulit. Dan baju atau seprai dan semua yang tersentuh tomcat segera di bersihkan ya.

Jadi, secara umum TOMCAT  itu seperti ulat bulu. Yang kalau disentuh menyebabkan radang, bengkak, dan gatal. Namun kalau terkena tomcat, kulit akan membengkak seperti luka bakar atau herpes yang tengahnya ber-nanah. Jangan di garuk, itu menyebabkan radangnya menyebar. Jangan sampai lukanya pecah, seperti cacar itu bisa semakin meluas.


6 Komentarmu..:

Asep Saepurohman mengatakan...

mengerikan T__T

Insan Robbani mengatakan...

Wah ini dia yang agak mengkhawatirkan, saya melihat di Media TV ada contoh2 yang kena cairan bisa dari Tomcat, seperti kena luka bakar...., mudah2an segera ilang wabah tsb

Budiman As'ady mengatakan...

hati-hati aja setelah itu ada wabah jerrymouse :D

wina mengatakan...

@Asep Saepurohman : Iya, serem.. Jadi parno-,- disekolah juga ada yg lihat

wina mengatakan...

@Insan Rabbani : Iya mas, tapi media banyak melebih2kan. yang katanya 12x lebih beracun dari bisa ular kobra lah. Itu hoax. Tapi yang namanya wabah memang nggak bisa tenang-tenang aja :(

wina mengatakan...

@Budiman As'ady : wahaha.. itu sudah ada juga yang jerrymouse. Tapi baguslah, biar si tomcat nggak nyerang manusia. Kasih aja musuh abadinya si Jerrymouse :))

Demi setapak print foot

Duri-duri di jalan selalu saja bertebaran tiada habisnya. Menginjaknya adalah suatu kesalahan yang lebih disayangkan. Tapi berterima kasihlah banyak2 kepada mereka yang menyapu jalanan, menyelamatkan dengan solusi tanpa banyak cakap :' *your fellow*

Beloved akhi wa ukhti